Bacaan Doa dan Niat Tata Cara Sholat Idul Adha Bahasa Arab dan Artinya

Advertisement
Bacaan Doa dan Niat Tata Cara Sholat Idul Adha Bahasa Arab dan Artinya - Salah satu makna ibadah adanya hari kemenangan umat muslim di hari raya idul adha ini adalah bisa melaksanakannya aktivitas ibadah yang ada pada hari raya tersebut seperti mengetahui bacaan doa niat tata cara sholat idul adha yang menjadi bagian penting amalan ibadah selama pelaksanannya dilakukan dengan penuh niat yang ikhlas dari adanya pengertian tentang makna dan hikmah idul adha yang merupakan pengenalan cara cepatt dari sejarah idul adha ini.

Yang biasanya dilakukan setelah melaksanakan takbiran di malam lebaran idul adha yang biasa disempurnakan dengan pembayaran zakar fitrah yang dilakukan sesaat sebelum waktu sholat idul fitri di kerjakan secara berjamaah oleh semua umat islam yang turut merayakan hari kemenangannya di hari kurban ini dari adanya bacaan doa dan niat sholat idul fitri ini yang harus diketahui secara pasti akan pentingnya niat dalam ibadah termasuk dalam soal lebaran idul adha ini dengan kehadiran niat yang sempurna di hati bahagia.

Begitu pula dengan hal yang termasuk pada bagian yang wajib diketahui seperti doa dan niat sholat idul adha ini yang menjadi bagian dari tata cara terbaik ketika menyambut kedatangan hari raya idul adha dengan penuh semangat dan raihan bahagia sebagai pemaknaan dari adanya sambutan hari raya idul adha yang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seluruh umat islam di dunia dengan adanya kata-kata selamat idul adha atau pantun idul adha lucu yang dikemas dari adanya arti bacaan doa dan niat sholat idul adha bahasa arab beserta artinya ini.

Bacaan Doa dan Niat Tata Cara Sholat Idul Adha Bahasa Arab dan Artinya
Bacaan Doa dan Niat Tata Cara Sholat Idul Adha Bahasa Arab dan Artinya


Niat shalat Idul Adha sebagai Imam

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين إماما للة تعالي

"Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini imaman lillahi ta'ala "
Artinya: "Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

Niat Shalat Idul Adha sebagai Makmum

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين مأموما للة تعالي

" Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini makmuman lillahi ta'ala"
Artinya: " Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

Shalat sunnah Idul Adha maupun Idul Fitri terdiri dari 2 (dua) rokaat. Rokaat pertama diawali dengan takbirotul ihrom ditambah 7 (tujuh) kali takbir. Sedangkan rakaat kedua sebanyak 5 (lima) kali takbir. Setiap takbir saat shalat Idul Adha baik rakaat pertama atau kedua disunnahkan membaca tasbih yaitu

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar
Artinya: "Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha besar"

Bagi yang masih kurang jelas atau bingung, bagaimana tata cara melaksanakan sholat Idul Adha, silahkan lihat lebih detailnya dibawah ini:

Bacaan Rakaat pertama: ( Setelah niat )
1. Baca takbirotul ihram (takbir permulaan shalat) dengan niat shalat idul adha.
2. Membaca doa iftitah
3. Membaca takbir 7 (tujuh) kali (selain takbirotul ihram) dilanjutkan membaca tasbih.
4. Membaca Al-Fatihah
5. Membaca surat Al-Quran

Bacaan Rakaat kedua:
1. Membaca takbir 5 (lima) kali.
2. Membaca Al-Fatihah
3. Membaca surat Al-Quran.

Tata cara terbaik dari pelaksanaan sholat idul adha ini memang sama dengan ketika melaksanakan tata cara sholat idul fitri, Jika tahu dan mampu melaksanakan ibadah sholat idul fitri maka otomatis bacaan doa dan niat sholat idul adha juga bisa dilakukan dengan baik, Hanya ada sedikit perbedaan itupun bisa dilakukan dengan sekemampuan.

Advertisement